e-mail
sman14bandung1982@gmail.com
Telepon
7202744
Instagram
sman14_bandung

Berita Terbaru

PPDB SMAN 14 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Hai calon peserta didik SMAN 14 Bandung, catat baik-baik ya segala informasi dan jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 Tahap I dan II.

Tahap I (7 Juni-11 Juni 2021) :

  1. Jalur Afirmasi (Afirmasi KETM & Disabilitas, serta Kondisi tertentu)
  2. Jalur Perpindahan Tugas Orangtua/Wali/Anak Guru
  3. Jalur Prestasi (Nilai Rapot dan Kejuaraan Akademik/Non Akademik)

Tahap II (25 Juni-1 Juli 2021) :

  1. Jalur Zonasi

Jangan lupa follow semua sosial media SMAN 14 Bandung, serta pantau website resmi kami dan juga Disdik Jabar supaya kalian tidak ketinggalan informasi PPDB 2021 lainnya.

Ke Australia ketemu kangguru
Ke Columbia ketemu llama
Buat para peserta didik baru
“Sekolah Di mana Saja Sama” ! 😉👍🏻

#PPDB #PPDB2021 #disdikjabar #PPDBSMAN14BANDUNG #SMAN14BANDUNG #sekolahdimanasajasama #infobandung #infobdg #bandungjuara

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk mengunjungi web https://www.ppdb.disdik.jabarprov.go.id/

HARI PERTAMA PLS SMAN 14 BANDUNG

PEMBUKAAN PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH LIVE STREAMING DAN ZOOM MEETING

            Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan diseluruh Wilayah Indonesia, dan SMA Negeri 14 merupakan salah satunya. PPDB pada tahun ini dilaksanakan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu dengan menggunakan system DARING juga harus selalu mengikuti Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran COVID-19. Para Calon Peserta Didik Baru (Pendaftar) dan para orang tua harus melakukan pendaftaran secara online baik Mandiri maupun dengan bantuan sekolah asalnya.

            Setelah selesai seleksi pada PPDB, maka bagi para Peserta Didik Baru yang diterima diharuskan melakukan daftar ulang. Daftar ulang dilaksanakan secara online pada web masing-masing sekolah yang dituju (web SMA Negeri 14 Bandung). Bagi Peserta Didik Baru yang telah mendaftar ulang, maka selanjutnya wajib mengikuti kegiatan awal tahun pelajaran baru yaitu Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Kegiatan PLS dilaksanakan selama 5 hari dan dilaksanakan secara daring yaitu dengan menggunakan YOUTUBE Live Streaming dan Zoom meeting.

           Pembukaan PLS dilaksanakan pada hari pertama awal tahun pelajaran yaitu tanggal 13 Juli 2020, bertempat dilapangan terbuka dengan memperhatikan Protokol Kesehatan COVID-19. Pada acara Pembukaan PLS dihadiri oleh Perwakilan KCD VII Prov. Jabar yang diwakili oleh Pengawas Pembina Dra. Wilda Sagita, M.Pd, Ketua Komite, Kepala Sekolah, Wakasek, guru Pendamping Kelompok, Ketua OSIS, ketua MPK, dan 2 orang perwakilan dari Peserta Didik Baru. (seperti gbr berikut)

Kehadiran perwakilan dari peserta didik baik dari OSIS dan MPK maupun 2 orang perwakilan Peserta Didik Baru adalah agar suasana/nuansa PLS nya dapat dirasakan baik yang LURING maupun yang DARING.  Pelaksanaan pembukaan cukup khidmat :

            Setelah selesai mengikuti acara Pembukaan PLS seluruh siswa termasuk 2 orang perwakilan siswa wajib mengikuti kegiatan pembekalan materi dirumah masing-masing. Dengan dipandu oleh guru pendamping seluruh siswa dipantau kehadirannya dan diingatkan agar selalu siap 5 menit sebelum acara dimulai.

            Dengan menggunakan youtube Live Streaming diharapkan seluruh Peserta Didik Baru dapat mengikuti kegiatan persesi secara menyeluruh. Bersamaan dengan live streaming seluruh peserta dapat dipantau kehadiran/keikutsertaannya oleh guru pendamping dengan menggunakan ZOOM MEETING. Jadi penggunaan gabungan Live Streaming dan Zoom Meeting cukup efektif dalam pelaksanaan PLS.

            Kami Panjatkan Puji Syukur Kehadirat Alloh SWT dan ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah turut mensukseskan kegiatan Pembukaan PLS  dan  kegiatan PLS, terutama kepada Kepala SMA Negeri 14 Bandung yang selalu mendukung dan setia mendampingi Panitia, juga kepada Tim IT SMA Negeri 14 Bandung yang dengan kerja keras dan ketekunannya sehingga kegiatan PLS ini dapat berjalan sesuai rencana.

Tersiar di TV TRANS

PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH TAHUN 2019/2020
Description: C:\Users\MEGA\Downloads\WhatsApp Image 2019-07-17 at 05.11.40 (5).jpeg
Description: C:\Users\MEGA\Downloads\WhatsApp Image 2019-07-17 at 05.11.40 (3).jpeg
Description: C:\Users\MEGA\Downloads\WhatsApp Image 2019-07-17 at 05.11.40 (6).jpeg
Description: C:\Users\MEGA\Downloads\WhatsApp Image 2019-07-17 at 05.06.27.jpeg

Bandung- Senin 15 Juli 2019 Merupakan awal masuk tahun ajaran  baru setelah liburan panjang dan dilanjutkan kegiatan PPDB. Terkait hal itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( MENDIKBUD ) Muhajir Effendy meminth a Program Pengenalan Lingkungan Sekolah ( PLS ) menjadi bagian dari penerimaan peserta didik baru agar menguatkan karakter dalam mencegah penyebaran paham dan pemikiran berbahaya bagi Ideologi Pancasila dan Negara Kesatuan  Republik Indonesia ( NKRI ). Permintaan itu dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2019 tentang  Kegiatan  Penumbuhan Wawasan Kebangsaan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang ditandatangani  MENDIKBUD Muhajir Effendy

Berkenaan hal tersebut  SMAN 14 Bandung mempersiapkan Kegiatan PLS dengan baik. Bekerja sama  dengan pemateri : SATGAS SRA, TNI-PUSENIF, KEPOLISIAN, DUTA KUMHAM. SMAN 14 Bandung memberi tema pada kegiatan PLS kali ini dengan tema “Membangun Peserta Didik yang Berkarakter”.

Kegiatan PLS di awali dengan upacara dan pelepasan balon yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 14 Bandung, Bapak Dedi Mulyawan, S.Pd.

Description: C:\Users\MEGA\Downloads\WhatsApp Image 2019-07-17 at 05.06.48 (2).jpeg

“Kegiatan Pengenal Lingkungan Sekolah ( PLS ) tahun ini adalah kegiatan pertama yang diperuntukan kepada peserta didik baru ketika masuk sekolah agar mengenal program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman kosep pengenalan diri, dan pembinaan kultur sekolah. Dipersiapkan untuk proses pembelajaran seperti  kurikulum, ekstrakulikuler, dan adiwiyata,”Papar Bapak  Dedi Mulyawan dilansir dalam liputan CCN Indonesia, Senin ( 15/07/2109 ) pagi seusah upacara.

Description: C:\Users\MEGA\Downloads\WhatsApp Image 2019-07-17 at 05.06.27 (5).jpeg
Description: C:\Users\MEGA\Downloads\WhatsApp Image 2019-07-17 at 05.11.40 (9).jpeg
Description: C:\Users\MEGA\Downloads\WhatsApp Image 2019-07-17 at 05.06.27 (1).jpeg
Description: C:\Users\MEGA\Downloads\WhatsApp Image 2019-07-17 at 05.06.27 (2).jpeg

Setelah upacara, Kegiatan PLS ini dilanjutkan di aula dengan pemaparan materi yang diawali oleh Bapak Dedi Mulyawan, S.Pd Kepsek SMAN 14 bandung, Dra. Wilda Sagita, M.Pd Pengawas Pembina SMAN 14 Bandung , dan masih banyak lagi  pemateri yang lain.

Foto –Foto Kegiatan  ( blm ada )

Banyak sekali rangkaian kegiatan yang dipersiapkan oleh panitia dalam PLS ini. Kegiatan itu bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah menjadi tempat yang menyenangkan sebagai taman belajar bagi para peserta didik khususnya peserta didik baru. Karena banyak sekali yang beranggapan bahwa sekolah itu membosankan, kurang menarik, bahkan bikin males. Sebuah pepatah mengatakan “Sekolah itu kaya minum obat memang obat itu pahit tapi khasiatnya bisa menyembukan, nah begitu juga sekolah yang akarnya itu pendidikan dan terkadang pahit tapi buahnya manis”.